Minggu, 11 Januari 2015

Nih, Skutik Paling irit BBM Versi Otomotif!

Jakarta - Sekarang, beli motor yang irit bahan bakar jadi penting. Untungnya, pabrikan motor di Tanah Air beberapa tahun belakangan ini sudah menyuguhkan produk berinjeksi yang hemat bahan bakar. Belum lagi adanya aturan bahwa per 1 Januari 2015 mendatang, semua model motor baru di Indonesia sudah harus menggunakan teknologi injeksi.

Nah dari sekian banyak pilihan, mana yang paling hemat dari segi konsumsi bahan bakar? Otomotif kali ini memberikan pilihan jenis skutik yang hemat bahan bakar. Tes yang dilakukan menggunakan bahan bakar jenis Pertamax dan seperti ini pilihannya.


SKUTIK 110 CC
Ada 4 skutik yang bertarung dan berebut kue penjualan di kelas 110 cc. Dengan sama-sama bertubuh ramping, 3 skutik lahir dari pabrikan Jepang dan 1 dari India. Skutik dari pabrikan Jepang (Honda BeAT FI, Suzuki nex dan Yamaha Mio J), sudah mengaplikasikan mesin dengan ,sistem injeksi. Sedangkan TVZ Dazz, masih yakin dengan karburator sebagai pemasok bahan bakar ke mesin.

Dari 3 pesaingnya di kelas ini, BeAT FI jadi skutik yang kebutuhan bahan bakarnya paling irit. Catatannya dengan 1 liter bahan bakar jenis Pertamax, jarak yang ditempuh 43 km. Selain yang bertubuh langsing, kelas skutik 110 cc ini juga diisi oleh produk berbadan bongsor. New Vario FI dan Soul GT jadi 2 produk yang bersaing head to head. Soal konsumsi bahan bakar saat test ride. New Vario FI lebih irit dengan 42,5 km/liter.

Honda BeAT FI : 42 km/L
Suzuki nex FI : 41,3 km/L
Yamaha Mio J : 41 km/L
TVS Dazz : 35,7 km/L
Honda New Vario FI : 42,5 km/L
Yamaha Soul GT : 41,3 km/L


SKUTIK 125 CC
Di era yang sudah injeksi, skutik yang bertarung di kelas 125 cc enggak banyak. Bahkan Suzuki yang membuka pasar skutik 125 cc, belom mengeluarkan senjatanya. Untuk skutik 125 cc injeksi (Honda Vario 125 CBS ISS dan Yamaha GT125 Eagle Eyes) hasil tes dalam pemakaian bahan bakar adalah Vario 125 CBS ISS (44,65 km/liter).

Honda Vario 125 CBS ISS : 44,6 km/L
Yamaha GT 125 : 36,6 km/L


SKUTIK RETRO
Enggak hanya skutik berbodi modern saja yang beredar dan dibutuhkan konsumen. Beberapa skutik dengan tampang retro, ternyata juga diminati oleh konsumen Tanah Air.

Pilihannya di segmen skutik retro ada Honda Scoopy, Suzuki Let's dan Yamaha Mio Fino. Dari hasil tes ride, mesin 110 cc injeksi milik Mio Fino yang teririt dengan 43 km/liter.

Yamaha Mio Fino : 43 km/L
Honda Scoopy FI : 42,7 km/L
Suzuki Let's : 40 km/L

Sumber: http://motor.otomotifnet.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poster Bola Ubi Lumer

Gambar ini dapat dilihat di instagram: https://www.instagram.com/p/Bc9N6dIBLcVpJNNXB6q5nitGlyXSIrGaQF6eNc0/