Jumat, 14 November 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar IV

SOAL

Kegelisahan menggambarkan seseorang yang tidak tentram hatinya maupun perbuatannya. Kegelisahan bisa terlihat dari tingkah laku atau gerak gerik dalam situasi tertentu, sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal tersebut adalah akibat dari suatu ancaman, baik dari dalam maupun dari luar.
  1. Apa yang dimaksud dengan keterasingan dan kesepian?
  2. Apa sebab-sebab dari kesepian?
  3. Apa yang menjadi harapan kalian dari kuliah?
  4. Bagaimana cara anda mewujudkan harapan tersebut dan berikan apa yang menjadi perbedaan cara anda dengan orang lain dalam mewujudkan harapan tersebut.
  5. Jelaskan mengenai hirarki kebutuhan maslow
JAWABAN

  1. Keterasingan berasal dari kata "asing" yang menurut kamus bahasa Indonesia adalah (1) aneh; tidak biasa: hal itu sangat -- bagiku; (2) belum biasa; kaku: bagiku masih terasa -- kalau bergaul dengan mereka; (3) datang dari luar (negeri, daerah, lingkungan): Pulau Bali banyak dikunjungi wisatawan --; (4) tersendiri; terpisah sendiri; terpencil: ia merasa -- di daerah yang baru itu; (5) lain; berlainan; berbeda. Sedangkan kesepian berasal dari kata "sepi" yang artinya adalah (1) sunyi; lenggang: duduk di tempat yang --; (2) tidak ada orang (kendaraan dsb); tidak banyak tamu (pembeli dsb); tidak ada kegiatan; tidak ada apa-apa; tidak ramai: sudah sepekan ini pasar karet --; negeri itu sudah --; (3) dianggap tidak ada apa-apa; tidak dihiraukan sama sekali: -- dari (gangguan, bahaya, dsb), tidak ada atau terlepas dari (gangguan, bahaya, dsb)
  2. Ada empat penyebab dasar dari kesepian. Penyebab pertama adalah transisi kehidupan. Transisi yang menyebabkan perubahan sehingga kita merasa kesepian. Menjadi tua kemudian ditinggalkan anak dapat menciptakan kesepian dalam hidup. Berganti pekerjaan, sakit keras, pensiun, dapat menimbulkan kesepian. Penyebab kedua adalah keterpisahan. ketika kita diisolasi dalam pengertian terpisah dari teman dekat, terpisah dari keluarga anda (dikarenakan karier, praktek kuliah, wajib militer, atau alasan lainnya) itu dapat menyebabkan kesepian. Apalagi mereka yang sulit diakses oleh alat komunikasi apapun. Sungguh mereka akan bisa merasakan kesepian. Keterpisahan lainnya adalah perceraian/putus hubungan. Ini juga penyumbang besar masalah kesepian dalam masyarakat. Penyebab ketiga adalah direndahkan/dipermalukan. Dalam dunia pekerjaan, dunia pendidikan atau dalam relasi sosial dengan orang lain, bila mendapatkan ucapan yang merendahkan atau dipermalukan di depan umum akan menimbulkan rasa kesepian yang dalam. Kita merasa diserang dan kita merasa sendirian karena tidak ada yang membela. Melewati pengalaman seperti ini menimbulkan perasaan kesepian yang menyakitkan. Penyebab keempat penolakan. kita merasa sakit hati, tidak dianggap, tidak berguna, tidak bisa diandalkan, tidak dicintai dan lain sebagainya.  
  3. Harapan saya dari kuliah adalah menjadi orang yang berguna di masyarakat banyak dan dapat memperdalam bidang studi yang saya ambil di jurusan manajemen.
  4. Bersosialisasi dengan bijak dan giat belajar serta melakukan penemuan-penemuan baru sebagai bekal setelah jenjang kuliah. Perbedaan saya dengan cara orang lain dalam mewujudkan harapan tersebut adalah saya melakukannya dengan cara saya sendiri, karena setiap orang pasti mempunyai caranya masing masing dalam mewujudkan harapan tersebut.
  5. Teori hirarki kebutuhan maslow adalah teori yang diungkapkan oleh Abraham Maslow. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Poster Bola Ubi Lumer

    Gambar ini dapat dilihat di instagram: https://www.instagram.com/p/Bc9N6dIBLcVpJNNXB6q5nitGlyXSIrGaQF6eNc0/