Sabtu, 08 November 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar III


SOAL

Keindahan berasal dari kata indah yang artinya bagus, permai, cantik, elok, molek. Keindahan identik dengan kebenaran dan keindahan juga bersifat universal. Yang artinya, tidak terikat oleh selera perseorangan waktu dan tempat serta kedaerahan.


  1. Apa yang dimaksud dengan nilai etik dan estetik?
  2. Keindahan seperti apa yang pernah anda buat sebagai karya anda?
  3. Berikan sebuah contoh kasus mengenai keindahan sebuah tempat yang pernah anda kunjungi di Indonesia dan berikan alasannya.

JAWABAN

  1. Nilai etik adalah nilai untuk manusia sebagai pribadi yang utuh, misal kejujuran; nilai yang berhubungan dengan akhlak; nilai yang berkaitan dengan benar atau salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat. Nilai estetik adalah nilai yang berdasar pada keindahan.
  2. Salah satunya adalah membuang sampah pada tempatnya. Walaupun membuang sampah pada tempatnya bukanlah sebuah karya, tetapi kegiatan tersebut cukup untuk membuat keindahan pada suatu tempat.
  3. Contoh kasus tempat indah yang pernah saya kunjungi di Indonesia salah satunya adalah Pulau Karimun Jawa. Alasannya karena  kehidupan disana masih cukup asri. Tidak seperti perkotaan yang dipenuhi polusi, disana masih sedikitnya kendaraan bermotor yang mengakibatkan rendahnya polusi. Jarangnya sampah sampah yang berserakan dan pemandangan yang indah untuk dikunjungi. Berikut foto-foto keindahan Pulau Karimun Jawa:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poster Bola Ubi Lumer

Gambar ini dapat dilihat di instagram: https://www.instagram.com/p/Bc9N6dIBLcVpJNNXB6q5nitGlyXSIrGaQF6eNc0/