Kamis, 02 Oktober 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar I

Nama saya Revian Hermansyah. Saya kuliah di Universitas Gunadarma tingkat 1 kelas 1EA15. Kali ini saya ingin post tugas dari Ibu Maria Chrisnatalia, Ia adalah dosen ilmu budaya dasar. Tugas yang diberikan berupa 3 pertanyaan, yaitu sebagai berikut:

  1. Manusia merupakan makhluk yang berbudaya dan budaya bisa mempengaruhi perilaku manusia. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan budaya dan bagaimana budaya dapat mempengaruhi perilaku manusia?
  2. Unsur-unsur apa saja yang mempengaruhi budaya?
  3. Berikan contoh perubahan budaya yang kalian alami sekarang.
JAWABAN:

  1. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Bagaimana budaya dapat mempengaruhi perilaku manusia? Karena budaya adalah suatu kebiasaan yang sudah dibawa/diajarkan sejak manusia itu lahir sampai ia meninggal. Manusia dan budaya tidak dapat terpisahkan. Tetapi ada kalanya budaya itu memudar dari diri manusia karena perkembangan zaman yang kian berkembang atau perubahan budaya. Terkadang manusia harus menerima budaya baru entah itu dari mana asalnya, alasannya karena budaya yang baru itu lebih efektif, lebih instan, atau lebih mudah dari budaya yang manusia itu bawa sejak lahir. Itulah sebabnya budaya dapat mempengaruhi manusia.
  2. Banyak pendapat dari para ahli tentang unsur-unsur yang mempengaruhi budaya. Diantaranya sebagai berikut: 1. Melville J. Herskovits: Alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, kekuasaan politik. 2. Bronislaw Malinowski: Sistem norma sosial, organisasi ekonomi, pendidikan, organisasi politik. 3. C. Kluckhohn: Bahasa, sistem pengetahuan, sistem teknologi dan peralatan, sistem kesenian, sistem mata pencarian hidup, sistem religi, sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan.
  3. Beberapa contoh kasus perubahan budaya yang saya alami sekarang adalah dimana cara berbicara tidak sepenuhnya menggunakan kata-kata baku, lagu-lagu indonesia perlahan diganti oleh lagu-lagu barat. Dan yang lebih mencolok seiring perkembangan zaman teknologi semakin maju dan mengeluarkan inovasi inovasi baru yang membuat suatu pekerjaan menjadi lebih instan seperti hadirnya internet dan gadget/alat canggih buku perlahan mulai ditinggalkan, sepeda sudah tergantikan oleh motor, dan masih banyak lagi contoh kasus perubahan budaya.
Sekian dari saya apabila ada kata kata yang menyinggung mohon dimaklumi dan dimaafkan.

                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poster Bola Ubi Lumer

Gambar ini dapat dilihat di instagram: https://www.instagram.com/p/Bc9N6dIBLcVpJNNXB6q5nitGlyXSIrGaQF6eNc0/